APOGCE

Tanggal 2 – 6 Agustus yang lalu, ada acara cukup bergengsi di JCC yaitu APOGCE, Asian Pasific Oil and Gas Conference..acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh SPE (Society of Petroleum Enginners) di mana terdapat banyak sekali O&G company yang turut serta. Acara ini terbagi menjadi 3 bagian secara umum, yaitu Exhibition, Seminar and Workshop dan Petrobowl. Untuk tahun Genap acara akan dilaksanakan di Australia, sementara untuk tahun Ganjil seperti tahun 2009 ini diadakan di JCC, Jakarata, Indonesia..Acara tahun ini diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh Bapak Presiden Susilo Bambang Y.

Seperti yang telah aku sebutkan di atas, acara dibagi menjadi 3. Untuk Exhibition biasanya berupa pameran-pameran dari O&G companies yang menampilkan berbagai teknologi serta keunggulan masing-masing perusahaan. Nah, yang menarik perhatian adalah masing-masing perusahaan biasanya membagi-bagi souvenir for free!!! *i love this part!* Jadi, setiap waktu2 tertentu akan ada short presentation di tiap2 stand perusahaan dan jika kita ikut jadi peserta presentasi, bertanya atau menjawab pertanyaan, akan mendapat souvenir yang cukup bermanfaat. Hasil dari kedatangan ku Rabu, 5 agustus 2009 saja banyak, seperti 2 buah handbag, 1 backpack, 1 cap dan lain sebagainya..ada yang mendapat kaos, pin, flash-disc..banyak lahh…oh ya, tahun ini, untuk memasuki arena exhibition bagi para mahasiswa tidaj dikenakan biaya sepeserpun, hanya modal ongkos dan Kartu Tanda Mahasiswa untuk semua Universitas. hmm.. doakan saja 2 tahun mendatang juga berlaku hal yang sama, jadi temen2 semua juga bisa masuk..

Untuk kelas seminar dan workshop dikenakan biaya yang aku sendiri kurang tau, namun pastinya mahal sekali..untuk para karyawan (bukan mahasiswa) saja agar dapat masuk arena exhibition perlu membayar IDR 800.000..hmm mahal kan? that’s why, manfaatkan masa2 kuliaah..hehe

Acara petrobowl, meskipun terpisah dari APOGCE, namun merupakan salah satu rangkaian acara APOGCE meski tergolong baru (di Indonesia). Acara ini di adaptasi dari APOGCE di Amerika yang mengadakan Petrobowl, yaitu berupa kuis (sejenis cerdas cermat) dalam bidang Engineer khususnya Petroleum. Hmm..Panitia penyelenggara tahun ini adalah ITB. Namun, UI dan Trisakti juga membantu ITB yang jauh berada di Bandung sementara acara akan dilaksanakan di Jakarta. Aku sendiri menjadi panitia, namun hanya di balik layar, jadi tidak terlalu sibuk. Hal ini karena jumlah panitia dibatasi dari pihak APOGCE. Petrobowl ini diadakan bagi teman2 universitas yang tergabung dalam Student Chapter di SPE (http://www.spe.org) se-asia pasific seperti jepang, bangladesh, india, thailand dan lain sebagainya..Kampusku UI tercinta mengirimkan 1 tim, itupun juga tidak melalui persiapan yang matang karena UI bukan Petroleum Engineers tapi Chemical Engineer. Jadinya bisa di bilang anak UI yang paling ga ngerty apa2…hehe trus, serunya lagi, baru babak penyisihan UI langsung ketemu Thailand!!!! Jadi yang dari luar Indonesia cuma Thailand, karena Jepang, India dkk ga bisa dateng..hmm Nah, karena hari pertama UI ketemu Thailand trus semua panitia merasa seperti Indonesia melawan negara Thailand..hmph..alhasil, UI kalah deh,,,tapi..ga telak2 amat kalahnya, skor nya ga beda jauhh..Pemenang dari perlombaan ini adalah ITB dan juara 2 nya adalah Thailand.

Dalam acara APOGCE ini juga ada mahasiswa yang mendapat kesempatan jadi student volunteer..Aku daftar sih, tapi ga diterima..ada 5 orang dari Chemical Engineering UI yang menjadi volunteer. Dengan menjadi volunteer, perharinya di bayar $25 atau sekita IDR 250.000, tapi pekerjaannya juga berat..yaa ga magabut lah istilahnya.

Hmm berharap banget di APOGCE 2011 aku bisa jadi volunteer..x)

ada yang berminat dateng APOGCE? yukk dateng 2011..bikin rame…jgn lupa bawa kartu tanda mahasiswa dan kartu nama karena ada undian dari kartu nama yang terkumpul..tahun ini hadiah utamanya BlackBerry…ada juga I-POD, dsb..Undiannya dilakukan setiap 1 jam setiap harinya..WOW! Keren kan??

SO get yourself ready yaa for next two years APOGCE..see ya there…haha (kayak bentar lagi aja..)

Advertisements

8 thoughts on “APOGCE

  1. Non Roti says:

    Wah bergengsi banget nih acaranya! Moga2 taon depan lu masuk jadi volunteer ya Len! Ameenn.. Hehehehe

  2. ita says:

    hmmm,,,
    APOGCE itu selalu diadain di wilayah asia pacific…
    untuk taun genap diadain di australia sedangkan untuk taun ganjil di indonesia (at least until now))
    segitu aja…

  3. Ragil R Priya says:

    Application form jadi volunteer-nya bisa didownload di mana sob?

    • emovalent says:

      buat application form student volunteer biasanya sih di kirim ke kampus yang ada Society of Petroleum Engineers..jadi ga terbuka buat semua kampus gitu..

      • Ragil R Priya says:

        Owh.. aku dari Fisika Sistem Kompleks ITB ( bukan Petroleum Engineering ) kira2 ada tidak yah? Tertarik ingin ikut. Di kelas, Dosen Mata Kuliah Metode Fisika Bumi cerita tentang ini.

  4. emovalent says:

    hmm di ITB kan ada SPE Student Chapter di Petroleum Engineering nya, coba hubungi aja mereka..Tahun ini president ITB itu Oki Ari Maulidani minyak 07..mendingan kamu daftar jadi member SPE aja..coba tanya president SPE, boleh apa ga kalo dari jurusan lain tapi tertarik di dunia perminyakan..

  5. tsania says:

    Tolong informasi untuk APOGCE taun ini ya kaaa

    • emovalent says:

      tahun ini APOGCE diadakan di JCC Senayan, 20-22 September 2011..
      Jadi, bisa dibilang hari ini hari terakhir 🙂 tapi masi sempet kok kalo mau dateng.. have fun 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s