Registrasi maba -ajang cari dana-

Registrasi maba (mahasiswa baru) tanggal 1 dan 2 juli 2009 untuk UMB dan SIMAK merupakan suatu kegiatan yang besar di UI. Seluruh mahasiswa UI dari setiap fakultas terutama pihak BEM bidang sosial mahasiswa sangat berkontribusi dalam kegiatan ini. Mereka perlu bekerja keras dalam hal penyaluran beasiswa yang tentunya membutuhkan banyak persiapan seperti klarifikasi data, sistem penilaian dan lain sebagainya yang sendiri tidak terlalu mengerti. Namun, betapa senangnya dapat berkunjung ke acara ini.

Pagi-pagi hari, sekitar pukul 7.00, halaman balairung sudah ramai sekali, mobil berkeliaran ke sana ke mari mencari tempat parkir yang kosong. Orang tua duduk di halaman balairung menanti putra-putrinya yang sedang mengantri untuk mengisi beberapa data yang diperlukan. Waktu tahun 2007, ketika saya menjadi salah satu peserta registrasi, tidak seramai ini. Pendaftaran saja masih dilangsungkan di gedung rektorat yang lebih kecil dari balairung.

Ledakan jumlah mahasiswa baru yang merupakan kebijakan dari pihak UI merupakan suatu tantangan tersendiri. Hal ini sepertinya cukup dapat teratasi, sekalipun masih sangat banyak kekurangan. Contohnya saja dalam hal ruang kuliah, staf pengajar, kos-kos an, yah masih banyak hal yang perlu dipersiapkan terlebih dulu semestinya menghadapi jumlah mahasiswa baru yang sangat banyak. Akan tetapi penghargaan saya berikan untuk pihak UI yang berani mengambil keputusan untuk memperluas kesempatan menuntut ilmu. Hanya saja memang banyak kontroversi soal dana yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa baru.

Atmosfer yang sangat kuat  di sekitar balairung adalah kebahagiaan, apalagi orang tua yang tentunya saling pamer menyenbutkan bagaimana perjuangan anak mereka hingga masuk ke universitas idaman sebagian besar orang ini. Selain itu, ada juga mereka yang lelah sudah mengantri dan menunggu sangat lama, apalagi kursi yang disediakan sangat minim. Sementara para mahasiswa memenuhi berbagai proses registrasi, para orang tua terus menunggu kalau-kalu anaknya membutuhkan sesuatu. Betapa bahagianya hari itu.

Tepatlah perkataan bijak “hati yang gembira adalah obat”. Lelah menunggu dan bosan terobati oleh hati yang bahagia dan bangga karena masuk dalam keluarga besar Universitas Indonesia.

selamat untuk para mahasiswa baru!!! tantangan di depan banyak yang harus dihadapi, tapi kalau Tuhan sudah memulai, maka Dialah yang akan menyempurnakan juga. Tugas kita hanyalah melakukan yang terbaik yang kita bisa.

OKay…cukup prolognya..heheh *sepanjang itu* 🙂

Well, di luar itu semua, ternyata keramaian juga “diakibatkan” oleh mahasiswa2 lama (juz like me) yang dateng pake jaket kuning. Ga bertujuan pamer dan bikin para maba iri, tapi untuk memenuhi persyaratan bahwa untuk berjualan -sekali lagi, berjualan- (cari uang), harus memakai jaket kuning! Yap,i came in order to do fundraising. haha. yaa inilah kehidupan mahasiswa, kalau mau mengadakan suatu acara ya harus cari dana sendiri. Setelah dari Youth Camp yang keren abis, besoknya langsung berangkat ke UI buat jualan air mineral, donat, materai, yaa kami menjawab segala kebutuhan. Buat yang lupa bawa materai, yang lom minum teh manis, yang mau kopi panas, yang lom sarapan, yang pengen seger2 seperti es jeruk…tentunya saingannya banyak sekali, tapi puji Tuhan semua dagangan kami habis bersamaan dengan habisnya suara untuk berteriak.

Hal yang aku pelajari adalah betapa lelahnya mereka yang harus berjemur dibawah terik matahari buat cari uang setiap hari. Satu hari jualan dan mengangkat sejumlah botol air mineral saja membuat tanganku jadi mau patah rasanya..bagaimana dengan mereka?

Sampai jumpa semua competitors di pendaftaran ulang berikutnya. semangat cari dana dan sama2 berdoa untuk acara yang akan diselenggarakan agar sukses dan memuaskan. Lakukan semuanya dengan gembira 🙂

“Hati yang gembira adalah obat, tapi semangat yang patah membusukkan tulang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s